reksa dana syariah online

Bila di waktu yang lalu pemikiran tentang investasi itu membutuhkan dana besar dan hanya bisa dilakukan oleh para pengusaha, kini tak lagi begitu. Investasi Reksadana syariah online ini. Kamu Cuma memerlukan dana atau modal yang tergolong kecil untuk memulainya, berkisar antara 100 ribu rupiah serta mudah untuk ditemukan di APERD (Agen Penjual Reksadana).

Bahkan bisa dibeli dengan cara online tentu bisa jadi sesuatu yang sangat menggiurkan. Tapi sebelum benar-benar memulainya, ada baiknya untuk mengenal ciri-ciri yang membedakan reksadana syariah ini dengan reksadana konvensional.

Tercantum Dalam Daftar Efek Syariah

Reksadana syariah ini memang tidak sama dengan reksadana konvensional yang tercantum dalam Daftar Efek Biasa. Karena memang telah dikeluarkan langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melalui Daftar Efek Syariah (DES). Karena dalam hal ini, DES pasti telah dicantumkan nama dan jenis perusahaan yang telah dan bisa memperjualbelikan reksadana syariah.

Hasil gambar untuk Reksadana ojk

Maka dari itu, pemasukan yang akan diterima pemilik modal tentu bisa dipertanggungjawabkan kehalalannya karena perusahaan yang tercantum telah melalui verifikasi dari DPS.

Selain OJK Juga Diawasi DPS

Ciri Reksadana syariah online yang kedua tentunya adalah adanya DPS. Apa DPS ini dan apa saja tugasnya? DPS adalah singkatan dari Dewan Pengawas Syariah, ini adalah merupakan badan yang terdiri dari sekumpulan orang yang bertugas untuk melakukan pengawasan terkait dengan beragam hal dalam fungsinya sebagai investasi syariah. 

Dimana tentunya menyangkut kehalalan dan lainnya. Tak hanya itu, sebagai kepanjangan tangan pemerintah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga hadir dan terlibat.

Adanya Proses Cleansing

Proses cleansing disini maksudnya adalah proses pembersihan dari hal-hal yang dapat mengganggu status kehalalan dari uang yang didapat selama proses investasi berlangsung. Oleh karena itu di sini fungsi DPS berperan. Dari proses cleansing ini, sebagian besar uang tidak langsung masuk kepada pemilik modal tetapi akan diarahkan pada hal-hal yang bersifat amal.

Itulah penjelasan mengenai semua aspek utama yang jadi ciri Reksa Dana syariah online ini,  tentunya yang paling menarik dan harus dicermati lebih mendalam adalah adanya proses cleansing di dalamnya tersebut karena, setiap orang yang berinvestasi akan mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya sebagai imbas dari investasi yang telah dikeluarkannya dengan cara yang halal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *