Jenis dan Tips Memilih Asuransi Motor

Ternyata, selain mobil, kendaraan lain yang dapat diasuransikan adalah motor. Perlu Anda semua ketahui, bahwa sebagai manusia kita tidak ada yang mengetahui kejadian apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Salah satu contohnya, kecelakaan yang dapat terjadi pada siapa saja yang memungkinkan motor Anda rusak. Maka dari itu asuransi motor adalah merupakan sebuah solusi.

Jenis dan Tips Memilih Asuransi Motor
Jenis dan Tips Memilih Asuransi Motor

Jenis Asuransi Motor

1. Asuransi kerugian total (TLO)

 Asuransi kerugian total atau biasa disebut dengan TLO (Total loss only) merupakan jenis asuransi yang mengcover kerusakan serta kehilangan kendaraan motor milik Anda. Asuransi yang dapat diklaim oleh asuransi TLO adalah ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan di atas 75%, kendaraan hilang akibat dicuri atau dirampas, serta jika kendaraan Anda terbakar.

2. Asuransi all risk

Asuransi all risk merupakan jenis asuransi motor yang menanggung kerugian dari semua jenis resiko berupa perbuatan jahat orang lain, tabrakan (benturan, terbalik, terperosok, dan tergelincir), pencurian, kebakaran akibat sambaran petir, serta huru-hara. Sehingga Anda dapat melakukan klaim asuransi sekecil dan sebesar apapun penyebabnya. 

Tips Memilih Asuransi Motor

1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Tips pertama dalam memilih asuransi motor adalah Anda harus mencari tentang informasi mengenai asuransi yang akan Anda pilih. Baik dari segi jenis asuransinya, serta perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, bandingkan juga kekurangan serta kelebihan antar perusahan asuransi.

2. Ketahui keuntungan asuransi secara terperinci

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan terhadap suatu perusahaan asuransi, tanya secara detail dan terperinci mengenai keuntungan yang akan Anda dapatkan.

3. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan 

Ketika Anda memilih untuk menggunakan asuransi, akan ada iuran yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan besar iuran tersebut dengan kondisi dan kemampuan keuangan Anda agar asuransi ini tidak memberatkan Anda.

4. Gunakan layanan dengan perusahaan terbaik

Sebelum menggunakan asuransi dari suatu perusahaan, Anda harus melakukan cross check mengenai perusahaan tersebut terutama mengenai kredibilitas serta rasio keluhan pelanggan.

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi untuk motor. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *